Selasa, 19 Juni 2018

MODEL INDEX WILLIAMSON



BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Ketimpangan pembangunan antar daerah merupakan aspek yang umum terjadi dalam kegiatan ekonomi suatu daerah. Ketimpangan ini pada dasarnya disebabkan oleh adanya perbedaan kandungan sumberdaya alam dan perbedaan kondisi geografi yang terdapat pada masing – masing daerah. Akibat dari perbedaan ini, kemampuan suatu daerah dalam mendorong proses pembangunan juga menjadi berbeda. Karena itu, tidaklah mengherankan bilamana pada setiap daerah biasanya terdapat daerah maju (Development Region) dan daeah terbelakang (Underdevelopment Region). Terjadinya ketimpangan antar daerah ini membawa implikasi terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat antar daerah. Karena itu, aspek ketimpangan pembangunan antar daerah ini juga mempunyai implikasi pula terhadap formulasi kebijakan pembangunan daerah yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah.
Termasuk dalam analisa ini adalah hasil studi dari Jeffrey G. Williamson yang melakukan pengetesan terhadap kebenaran Neo-Klasik. Kemudian pembahasan dilanjutkan dengan ukuran ketimpangan pembangunan antar wilayah dengan menggunakan Williamson Indexdan ukuran ketimpangan lainnya. Selanjutnya pula dengan pembahasan tentang ketimpangan pembangunan antar wilayah di Sumater Utara yang dilanjutkan dengan factor – factor utama yang menentukan ketimpangan tersebut.

1.2 Tujuan Penulisan
·         Untuk menganalisis tingkat ketimpangan perekonomian antar daerah di wilayah Provinsi Sumatera Utara menggunakan model Index Williamson
·         Untuk melatih diri penyusun  selaku mahasiswa dalam pembelajaran identifikasi basis perekonomian  model Location Quetient berbentuk makalah.
·         Sebagai salah satu indikator penilaian tugas dalam studi pengembangan wilayah. 



BAB II
DATA DAN ANALISIS
2.1 Data
PDRB PERKAPITA SETIAP KABUPATEN DI PROVINSI SUMATERA UTARA
KABUPATEN/KOTA
PDRB PERKAPITA MENURUT KABUPATEN/KOTA ATAS DASAR HARGA KONSTAN 2010 (rupiah)
2010
2011
2012
2013
2014
2015*)
01   N i a s
3.887.995
4.111.318
4.334.818
4.587.471
14.763.259,89
15.487.168,06
02   Mandailing Natal
5.017.866
5.252.872
5.520.939
5.806.692
16.499.113,91
17.340.036,15
03   Tapanuli Selatan
6.761.855
7.072.708
7.419.533
7.743.887
27.617.720,02
28.753.427,78
04   Tapanuli Tengah
3.850.867
3.971.424
4.127.147
4.312.886
15.925.384,18
16.394.405,15
05   Tapanuli Utara
5.780.955
6.020.912
6.315.774
6.637.434
15.960.468,78
16.596.778,49
06   Toba Samosir
10.176.988
10.601.507
11.110.985
11.596.094
24.390.834,08
25.327.821,78
07   Labuhanbatu
7.857.113
8 .082.300
8.399.543
8.722.119
40.043.871,74
41.283.786,88
08   A s a h a n
8.065.320
8.374.590
8.746.168
9.159.762
28.587.261,40
29.898.814,35
09   Simalungun
6.812.974
7.133.594
7.511.758
7.791.888
25.110.727,97
26.258.511,15
10   D  a  i  r  i
7.594.214
7.919.187
8.301.057
8.697.133
18.567.328,70
19.397.859,67
11   K  a  r  o
9.594.214
9.959.126
10.374.784
10.646.492
29.570.664,27
30.495.898,68
12   Deli Serdang
8.107.952
8.340.990
8.615.894
9.488.691
28.111.864,02
28.932.854,74
13   L a n g k a t
7.452.508
7.786.401
8.154.981
8.552.669
23.019.805,06
24.000.361,65
14   Nias Selatan
4.251.105
4.369.989
4.567.083
4.744.116
11.004.193,60
11.370.111,65
15   Humbang Hasundutan
5.864.032
6.106.829
6.394.041
6.695.767
17.987.409,54
18.617.318,35
16   Pakpak Bharat
4.070.571
4.179.669
4.341.417
4.499.022
14.361.865,18
14.883.401,86
17   Samosir
8.846.290
9.283.833
9.782.598
1.043.564
19.234.572,44
20.226.182,27
18   Serdang Bedagai
7.656.139
8.056.858
8.503.335
8.970.803
24.870.056,03
26.026.252,61
19   Batu Bara
19 672 216
20 328 857
20 948 127
21.392.243
49.077.840,03
50.560.544,86
20   Padang Lawas Utara
3.506.278
3.628.983
3.769.070
3.907.699
25.186.819,92
26.123.859,10
21   Padang Lawas
3.330.791
3.421.832
3.540.694
3.665.529
23.805.761,17
24.579.285,28
22   Labuhanbatu Selatan
10.212.617
10.505.068
10.899.276
11.296.408
47.355.127,02
48.726.623,25
23   Labuhanbatu Utara
9.565.185
9.995.931
10.511.141
11.053.379
38.606.842,56
40.186.527,35
24   Nias Utara
3.851.851
4.056.925
4.251.354
4.474.675
13.962.292,37
14.594.215,51
25   Nias Barat
3.106.083
3.283.721
3.417.124
3.595.871
11.534.809,50
12.069.737,86
Kota






71   S i b o l g a
8.759.806
9.136.871
9.581.651
10.102.079
31.999.493,55
33.670.916,49
72   Tanjungbalai
9.045.092
9.286.912
9.609.574
9.892.215
26.674.265,64
27.765.752,64
73   Pematangsiantar
8.687.439
9.082.488
9.504.605
9.896.931
30.984.516,02
32.304.024,93
74   Tebing Tinggi
8.024.751
8.390.824
8.819.493
9.229.796
19.923.077,37
20.631.316,47
75   M e d a n
17.077.638
18.132.966
19.319.273
19.949.516
53.636.490,33
56.214.865,75
76   B i n j a i
8.209.884
8.560.429
8.973.884
9.402.747
23.841.402,91
24.826.319,54
77   Padangsidimpuan
4.887.204
5.054.245
5.275.126
5.503.751
15.919.856,32
16.464.768,41
78  Gunungsitoli
6.871.728
7.186.035
7.530.727
7.892.374
19.109.122,59
19.948.260,75
Sumatera Utara
9.144.742
9.574.785
10.028.302
10.488.190
30.477.071,97
31.637.413,89













DATA PENDUDUK SETIAP KABUPATEN DI PROVINSI SUMATERA UTARA
JUMLAH PENDUDUK MENURUT KABUPATEN/KOTA TAHUN 2010-2015
Kabupaten/Kota
2010
2011
2012
2013
2014
2015
Kabupaten






01. N i a s
131 377
132 605
132 860
133 388
133 388
136 115
02. Mandailing Natal
404 945
408 731
410 931
413 475
413 475
430 894
03. Tapanuli Selatan
263 815
266 282
268 095
268 824
268 824
275 098
04. Tapanuli Tengah
311 232
314 142
318 908
324 006
324 006
350 017
05. Tapanuli Utara
279 257
281 868
283 871
286 118
286 118
293 399
06. Toba Samosir
173 129
174 748
174 865
175 069
175 069
179 704
07. Labuhanbatu
415 110
418 992
424 644
430 718
430 718
462 191
08. A s a h a n
668 272
674 521
677 876
681 794
681 794
706 283
09. Simalungun
817 720
825 366
830 986
833 251
833 251
849 405
10. D a i r i
270 053
272 578
273 394
276 238
276 238
279 090
11. K a r o
350 960
354 242
358 323
363 755
363 755
389 591
12. Deli Serdang
1 790 431
1 807 173
1 845 615
1 886 388
1 886 388
2 029 308
13. L a n g k a t
967 535
976 582
976 885
978 734
978 734
1 013 385
14. Nias Selatan
289 708
292 417
294 069
295 968
295 968
308 281
15. Humbang Hasundutan
171 650
173 255
174 765
176 429
176 429
182 991
16. Pakpak Bharat
40 505
40 884
41 492
42 144
42 144
45 516
17. Samosir
119 653
120 772
121 594
121 924
121 924
123 789
18. Serdang Bedagai
594 383
599 941
604 026
605 583
605 583
608 691
19. Batu Bara
375 885
379 400
381 023
382 960
382 960
400 803
20. Padang Lawas Utara
223 531
225 621
229 064
232 746
232 746
252 589
21. Padang Lawas
225 259
227 365
232 166
237 259
237 259
258 003
22. Labuhanbatu Selatan
277 673
280 269
284 809
289 655
289 655
313 884
23. Labuhanbatu Utara
330 701
333 793
335 459
337 404
337 404
351 097
24. Nias Utara
127 244
128 434
128 533
129 053
129 053
133 897
25. Nias Barat
81 807
82 572
82 701
82 854
82 854
84 917
Kota






71. S i b o l g a
84 481
85 271
85 852
85 981
85 981
86 519
72. Tanjungbalai
154 445
155 889
157 175
158 599
158 599
167 012
73. Pematangsiantar
234 698
236 893
236 947
237 434
237 434
247 411
74. Tebing Tinggi
145 248
146 606
147 771
149 065
149 065
156 815
75. M e d a n
2 097 610
2 117 224
2 122 804
2 123 210
2 123 210
2 210 624
76. B i n j a i
246 154
248 456
250 252
252 263
252 263
264 687
77. Padangsidimpuan
191 531
193 322
198 809
204 615
204 615
209 796
78. Gunungsitoli
126 202
127 382
128 337
129 403
129 403
135 995
Sumatera Utara
12 982 204
13 103 596
13 215 401
13 326 307
13 326 307
13 937 797

2.2 Analisis
Ukuran ketimpangan pendapatan yang lebih penting lagi untuk menganalisis seberapa besarnya kesenjangan antarwilayah/daerah adalah dengan melalui perhitungan indeks Williamson. Dasar perhitungannya adalah dengan menggunakan PDRB per kapita dalam kaitannya dengan jumlah penduduk per daerah. Kesenjangan pendapatan antar kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara dilakukan dengan menggunakan Indeks Williamson. Rumus dari Indeks Williamson adalah sebagai berikut:
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgW4HPNNfxYZhH3nMxklSWYAm7X2545G60FsF38bc8HBIbg88ROdCGFXMqjG3Aq0oO2w7BsOJqw-WqkbOLBZ6zxb8k7WADVilbtrQEB3KLkchIhCDd_9g8d5oU4RcvFjySP44j_JEAjquM/s1600/gbrr.bmp
Keterangan
CVw = Indeks Williamson
fi = Jumlah penduduk kabupaten/kota ke-i (jiwa)
n = Jumlah penduduk Jawa Barat (jiwa)
Yi = PDRB per kapita kabupaten/kota ke-i  (Rupiah)
͞y = PDRB per kapita rata-rata  Provinsi Jawa Barat (Rupiah)

Indeks ketimpangan Williamson yang diperoleh terletak antara 0 (nol) sampai 1 (satu).
·      Jika ketimpangan Williamson mendekati o maka ketimpangan distribusi pendapatan antar kabupaten/kota di provinsi Jawa Barat adalah rendah atau pertumbuhan ekonomi antara daerah merata.
·      Jika ketimpangan Williamson mendekati 1 maka ketimpangan distribusi pendapatan antar kabupaten/kota di provinsi Jawa Barat adalah tinggi atau pertumbuhan ekonomi antara daerah tidak merata.


BAB III
HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN
3.1 Hasil Analisis
KABUPATEN/KOTA
(Yi-Y)^2 X Fi/N
2010
2011
2012
2013
2014
2015
01   N i a s
1,71123E+12
1,65295E+12
1,58519E+12
1,51537E+12
45347207752
2,68535E+17
02   Mandailing Natal
4,39778E+12
4,22542E+12
4,02042E+12
3,81255E+12
4783234427
8,65923E+16
03   Tapanuli Selatan
2,08526E+12
2,31139E+12
1,82017E+12
1,6881E+12
2,32077E+12
3,87061E+19
04   Tapanuli Tengah
4,07709E+12
4,03947E+12
3,93188E+12
3,84704E+12
22705291825
8,65777E+16
05   Tapanuli Utara
2,6555E+12
2,54203E+12
2,4026E+12
2,25761E+12
18620777573
2,55283E+16
06   Toba Samosir
6,01288E+11
5,27663E+11
4,42174E+11
3,68417E+11
7,38781E+11
1,2789E+19
07   Labuhanbatu
2,60997E+12
2,48149E+12
2,31732E+12
2,15719E+12
1,73247E+13
2,7499E+20
08   A s a h a n
4,01028E+12
3,73418E+12
3,40341E+12
3,05862E+12
6,99813E+12
1,19492E+20
09   Simalungun
6,39841E+12
5,9978E+12
5,53246E+12
5,17769E+12
4,22378E+12
7,45236E+19
10   D  a  i  r  i
1,79819E+12
1,67469E+12
1,52674E+12
1,39197E+12
58197301687
1,75285E+18
11   K  a  r  o
1,43967E+12
1,29929E+12
1,15156E+12
1,06463E+12
4,38797E+12
7,21027E+19
12   Deli Serdang
1,06408E+13
1,00837E+13
9,56504E+12
7,75789E+12
1,78203E+13
2,94226E+20
13   L a n g k a t
6,64037E+12
6,1789E+12
5,64241E+12
5,1073E+12
2,75804E+12
5,12087E+19
14   Nias Selatan
3,56575E+12
3,49899E+12
3,38002E+12
3,27732E+12
7,69848E+11
9,39902E+18
15   Humbang Hasundutan
1,60793E+12
1,5379E+12
1,45735E+12
1,37632E+12
15893178662
5,44871E+17
16   Pakpak Bharat
5,12881E+11
5,04192E+11
4,94532E+11
4,85691E+11
20240801964
1,83587E+17
17   Samosir
5,96591E+11
5,33467E+11
4,65016E+11
2,29794E+12
50217817988
1,37634E+18
18   Serdang Bedagai
3,90525E+12
3,57372E+12
3,21614E+12
2,85114E+12
2,89258E+12
5,07886E+19
19   Batu Bara
2,23842E+11
3,42052E+11
4,74403E+11
5,82054E+11
2,97701E+13
4,54345E+20
20   Padang Lawas Utara
3,08501E+12
3,02871E+12
2,98484E+12
2,94437E+12
1,20175E+12
2,15286E+19
21   Padang Lawas
3,19091E+12
3,14821E+12
3,13148E+12
3,11447E+12
8,51085E+11
1,52475E+19
22   Labuhanbatu Selatan
9,54169E+11
8,72439E+11
7,73902E+11
6,80494E+11
2,0171E+13
3,18109E+20
23   Labuhanbatu Utara
1,36738E+12
1,21132E+12
1,03344E+12
8,63026E+11
1,19389E+13
1,90522E+20
24   Nias Utara
1,66662E+12
1,61462E+12
1,55402E+12
1,49313E+12
83106113531
7,06798E+17
25   Nias Barat
1,19756E+12
1,1669E+12
1,13622E+12
1,0991E+12
1,78417E+11
1,97447E+18
Kota
0
0
0
0
0
0
71   S i b o l g a
4,30328E+11
3,91346E+11
3,4715E+11
2,97434E+11
1,47262E+12
2,43586E+19
72   Tanjungbalai
7,32479E+11
6,88026E+11
6,30704E+11
5,83081E+11
1,13892E+12
1,97482E+19
73   Pematangsiantar
1,21687E+12
1,10251E+12
9,78417E+11
8,71738E+11
3,53855E+12
5,87696E+19
74   Tebing Tinggi
8,79661E+11
8,08526E+11
7,28616E+11
6,56667E+11
1,02785E+11
2,19296E+18
75   M e d a n
5583097861
2,48926E+11
9,46577E+11
1,48967E+12
2,15116E+14
3,4183E+21
76   B i n j a i
1,42917E+12
1,31609E+12
1,18717E+12
1,06168E+12
9,1426E+11
1,6664E+19
77   Padangsidimpuan
2,12609E+12
2,06734E+12
2,03009E+12
1,99124E+12
14503268727
3,82487E+16
78  Gunungsitoli
9,76012E+11
9,15741E+11
8,50978E+11
7,86429E+11
47743204253
1,2705E+18
Sumatera Utara
7,87359E+13
1,65295E+12
7,11424E+13
6,80074E+13
3,47011E+14
5,54633E+21

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhOueHLHAeVspV4xg1F2-2nsKEFw_9wWccnr-m6F4YskyzMrSZ_sQP6yYvIA8jnnEA2QYZFV89dPsDeQPCuBdCIrwNUTD98DrF9a7J5-KcuxoDXwj3e22kaiWXnbRBYV2zvPxFBW4Xfp-g/s1600/gbr3.%252C%252C.bmp
CVw Provinsi SUMUT pada tahun 2010=7,87359E+13/9144742)= 0,86
CVw Provinsi SUMUT pada tahun 2011=1,65295E+12/ 9574785)=1,7
CVw Provinsi SUMUT pada tahun2012=7,11424E+13/10028302)=0,7
CVw Provinsi SUMUT pada tahun2013=6,80074E+13/10488190)=0,64
CVw Provinsi SUMUT pada tahun2014=3,47011E+14/30477071,97)=1,1
CVw Provinsi SUMUT pada tahun2015=5,54633E+21/31637413,89)=1,2

3.2 Pembahasan
Provinsi Sumatera Utara pada tahun 2010 memiliki ketimpangan williamson sebesar 0,86 ( mendekati 1), maka berdasarkan ketentuan ketimpangan williamson , pada tahun 2010, 2012, 2013 dan 2014 di  provinsi Sumatera Utara terjadi ketimpangan distribusi yang tinggi yaitu terjadinya pertumbuhan ekonomi antara daerah yang tidak merata.
Faktor-faktor penyebab ketimpangan :
1.  migrasi penduduk produktif yang memiliki skill/terdidik ke daerah-daerah yang telah berkembang, karena disana mereka dapat memperoleh upah/gaji yang lebih besar
2.   investasi cenderung berlaku di daerah yg telah berkembang karena faktor market, dll, dimana keuntungan relatif lebih besar demikian pula risiko kerugian relatif lebih kecil pada umumnya
3.   kebijakan pemerintah cenderung mengakibatkan terkonsentrasinya social dan ekonomic capital di daerah yang telah berkembang karena kebutuhan yg lebih besar.


Faktor-faktor Penyebab Ketimpangan Pembangunan Anatar Daerah
A.    Perbedaan Kandungan Sumber Daya Alam 
Penyebab utama yang mendorong timbulnya ketimpangan pembangunan antar daerah adalah adanya perbedaan yang sangat besar dalam kandungan sumberdaya alam pada masing-masing daerah. Sebagiamana diketahui bahwa perbedaan kandungan sumberdaya alam ini di Indonesia ternyata cukup besar. Ada daerah yang mempunyai minyak dan gas alam, tetapi daerah lain tidak mempunyai. Ada daerah yang mempunyai deposit batubara yang cukup besar, tapi daerah lain tidak ada. Demikian pula halnya dengan tingkat kesuburan lahan yang juga sangat bervariasi sehingga mempengaruhi upaya untuk mendorong pembangunan pertanian pada masing-masing daerah.
B.     Perbedaan Kondisi Demografis
Faktor utama lainnya yang juga dapat mendorong terjadinya ketimpangan pembangunan antar wilayahadalah bilamana terdapat perbedaan kondisi demografis yang cukup besar antar daerah. Kondisi demografis yang dimaksudkan disini meliputi perbedaan tingkat pertumbuhan dan struktur kependudukan, perbedaan tingkat pendidikan dan kesehatan, perbedaan kondisi ketenagakerjaan dan perbedaan dalam tingkah laku dan kebiasaan serta etos kerja yang dimliki masyarakat daerah bersangkutan.
C.    Kurang Lancarnya Mobilitas Barang dan Jasa
Kurang lancanya mobilits barang dan jasa dapat pula mendorong terjadinya peningkatan ketimpangan pembangunan antar wilayah. Mobilitas barang dan jasa ini meliputi kegiatan perdagangan antar daerah dan migrasi baik yang disponsori pemerintah (transmigrasi) atau migrsi spontan. Alasannya adalah karena bila mobillitas tersebut kurang lancar maka kelebihan produksi atau daerah tidak dapat dijual kedaerah lainyang membutuhkan. Demikian pula halnya dengan migrsi yang kurang lancar menyebabkan kelebihan tenaga kerja suatu daerah tidak dapat dimanfaatkan oleh daerah lain yang sangat membutuhkan. Akibatnya, ketimpangan pembangunan antar wilayah akan cenderung tinggi karena kelibahan suatu daerah tidak dapat dimanfaatkan oleh daerah lian yang membutuhkan, sehingga daerah terbelakang sulit mendorong proses pembangunannya. Karena itu tidaklah mengherankan bilamana, ketimpangan pembangunan antar wilayah akan cenderung tinggi pada negara sedang berkembang dimana mobilitas barang dan jasa kurang lancar dan masih terdapatnya beberapa daerah yang terisolir.



D.    Konsentrasi Kegiatan Ekonomi Daerah
Terjadinya konsentrasi kegiatan ekonomi yag cukup tinggi pada wilayah tertentu jelas akan mempengaruhi ketimpangan pembangunan antar wilayah. Pertumbuhan ekonomi daerah akan cenderung lebih cepat pada daeerah dimana terdapat konsentrasi kegiatan ekonomi yang cukup besar. Kondisi tersebut selanjutnya akan mendorong proses pembangunan daerah melalui peningkatan penyediaan lapangan kerja dan tingkat pendapatan masyarakat. Demikian pula sebaliknya bilamana, konsentrasi kegiatan ekonomi pada suatu daerah relatif rendah yang selanjutnya juga mendorong terjadi pengangguran dan rendahnya tingkat pendapatan masyarakat setempat.
E.     Alokasi Dana Pembangunan Antar Daerah
Tidak dapat disangka bahwa investasi merupakan salah satu yang sangat menentukan pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Karena itu, daerah yang dapat alokasi investasi yang lebih besar dari pemetintah, atau dapat menarik lebih banyak investasi swasta akan cenderung mempunyai tingkat pertumbuhan ekonomi daerah yang lebih cepat. Kondisi ini tentunya akan dapat pula mendorong proses pembangunan daerah melalui penyediaan lapangan kerja yang lebih banyak dan tingkat pendapatan perkapita yang lebih tinggi. Demikian pula sebaliknya terjadi bilamana investasi pemerintah dan swasta yang masuk kesuatu daerah ternyarta lebih rendah.

Solusi mengatasi Ketimpangan Pembangunan antar Daerah
1.      Penyebaran Pembangunan Prasarana Perhubungan
Upaya utuk mendorong kelancaran mobilitas barangdan faktor produksi antar daerah dapat dilakukan melalui penyebaran pembangunan prasarana dan sarana perhubungan keseluruh pelosok daerah. Prasarana perhubungan yang dimaksudkan disini adalah fasilitas jalan, terminal dan pelabuhan laut guna mendorong proses perdagangan antar daerah.
2.      Mendorong Transmigrasi dan Migrasi Spontan
Untuk mengurangi kepentingan pembangun antar wilayah, kebijakan dan upaya lain yang dapat dilakukan adalah mendorong pelaksanaan transmigrasi dan migrasi spontan. Transmigrasi adalah pemindahan penduduk ke daerah kurang berkembang dengan menggunakan fasilitas dan dukungan pemerintah. Sedangkan migrasi spontan adalah perpindahan penduduk yang dilakukan secara sukarela menggunakan biaya sendiri. Melalui proses transmigrasi dan migrasi spontan ini, kekurangan tenaga kerja yang dialami oleh daerah terbelakang akan dapat pula diatasi sehingga prosees pembangunan daerah bersangutan akan dapat pula digerakan.
3.      Pengembangan Pusat Pertumbuhan
Kebijakan lain yang dapat dilakukan untuk mengurangi ketimpangan pembangunan antar wilayah adalah melalui pengembangan pusat pertumbuhan (Growth Poles) secara tersebar. Kebijakan ini diperkirakan akan dapat mengurangi ketimpangan pembangunan antar wilayah karena pusat pertumbuhan tersebut menganut konsep konsentrasi dan desentralisasi secara sekaligus. Aspek konsentrasi diperluka agar penyebaran kegiatan pembangunan tersebut dapat dilakukan dengan masih terus mempertahankan tingkat efesiensi usaha yang sangat diperlukan untuk mengembangkan usaha tersebut. Sedangkan aspek desentralisasi diperlukan agar penyebaran kegiatan pembangunan antar daerah dapat dilakukan sehingga ketimpangan pembangunan antar wilayah akan dapat dikurangi. Penerapan konsep pusat pertumbuhan ini untuk mendorong proses pembangunan daerah dan sekaligus untuk dapat mengurangi ketimpangan pembangunan antar wilayah dapat dilakukan melalui pembangunan pusat-pusat pertumbuhan pada kota-kota skala kecil dan menengah.
4.      Pelaksanaan Otonomi Daerah
Pelaksanaan otonomi daerah dan desentralisasi pembangunan juga dapat digunakan untuk mengurangi tingkat ketimpangan pembangunan antar wilayah. Hal ini jelas, karena dengan dilaksanakannya otonomi daerah dan desentralisasi pembangunan, maka aktifitas pembangunan daerah, termasuk daerah terbelakang akan dapat lebih digerakan karena ada wewenang yang berada pada pemerintah daerah dan masyarakat setempat. Dengan adanya kewenangan tersebut, maka berbagai inisiatif dan aspirasi masyarakat untuk menggali potensi daerah akan dapat lebih digerakan. Bila hal ini dapat dilakukan, maka proses pembangunan daerah secara keseluruhan akan dapat lebih ditingkatkan dan secara bersamaan ketimpangan pembangunan antar daerah akan dapat pula dikurangi. Pemerintah indonsia telah melakukan otonomi daerah dan desentralisasi pembangunan mulai tahun 2001 yang lalu. Melalui kebijakan ini, pemerintah daerah diberikan kewenangan yang lebih besar dalam mengelola kegiatan pembangunan didaerahnya masing-masing (desentralisasi pembangunan). 
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
4.1 Kesimpulan
Provinsi Sumatera Utara pada tahun 2010 memiliki ketimpangan williamson sebesar 0,86 ( mendekati 1), maka berdasarkan ketentuan ketimpangan williamson , pada tahun 2010, 2012, 2013 dan 2014 di  provinsi Sumatera Utara terjadi ketimpangan distribusi yang tinggi yaitu terjadinya pertumbuhan ekonomi antara daerah yang tidak merata.

4.2 Saran
·         Dibutuhkan perananan yang baik dari pemerintah untuk melakukan kebijakan dalam pemerataan distribusi pendapatan pada setiap sektor per kabupaten di Provinsi Sumatera Utara.
·         Dibutuhkan saran-saran yang membangun dari pihak pembaca untuk kesempurnaan penyusunan outline ini.
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar