BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Ketimpangan
pembangunan antar daerah merupakan aspek yang umum terjadi dalam kegiatan
ekonomi suatu daerah. Ketimpangan ini pada dasarnya disebabkan oleh adanya
perbedaan kandungan sumberdaya alam dan perbedaan kondisi geografi yang
terdapat pada masing – masing daerah. Akibat dari perbedaan ini, kemampuan
suatu daerah dalam mendorong proses pembangunan juga menjadi berbeda. Karena
itu, tidaklah mengherankan bilamana pada setiap daerah biasanya terdapat daerah
maju (Development Region) dan daeah terbelakang (Underdevelopment
Region). Terjadinya ketimpangan antar daerah ini membawa implikasi terhadap
tingkat kesejahteraan masyarakat antar daerah. Karena itu, aspek ketimpangan
pembangunan antar daerah ini juga mempunyai implikasi pula terhadap formulasi
kebijakan pembangunan daerah yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah.
Termasuk dalam analisa ini adalah
hasil studi dari Jeffrey G. Williamson yang melakukan pengetesan terhadap
kebenaran Neo-Klasik. Kemudian pembahasan dilanjutkan dengan ukuran ketimpangan
pembangunan antar wilayah dengan menggunakan Williamson Indexdan
ukuran ketimpangan lainnya. Selanjutnya pula dengan pembahasan tentang
ketimpangan pembangunan antar wilayah di Sumater Utara yang dilanjutkan dengan
factor – factor utama yang menentukan ketimpangan tersebut.
1.2 Tujuan
Penulisan
·
Untuk menganalisis tingkat
ketimpangan perekonomian antar daerah di wilayah Provinsi Sumatera Utara
menggunakan model Index Williamson
·
Untuk melatih diri
penyusun selaku mahasiswa dalam
pembelajaran identifikasi basis perekonomian
model Location Quetient berbentuk makalah.
·
Sebagai salah satu
indikator penilaian tugas dalam studi pengembangan wilayah.
BAB
II
DATA
DAN ANALISIS
2.1
Data
PDRB
PERKAPITA SETIAP KABUPATEN DI PROVINSI SUMATERA UTARA
KABUPATEN/KOTA
|
PDRB
PERKAPITA MENURUT KABUPATEN/KOTA ATAS DASAR HARGA KONSTAN 2010 (rupiah)
|
|||||
2010
|
2011
|
2012
|
2013
|
2014
|
2015*)
|
|
01 N i a s
|
3.887.995
|
4.111.318
|
4.334.818
|
4.587.471
|
14.763.259,89
|
15.487.168,06
|
02
Mandailing Natal
|
5.017.866
|
5.252.872
|
5.520.939
|
5.806.692
|
16.499.113,91
|
17.340.036,15
|
03 Tapanuli
Selatan
|
6.761.855
|
7.072.708
|
7.419.533
|
7.743.887
|
27.617.720,02
|
28.753.427,78
|
04 Tapanuli
Tengah
|
3.850.867
|
3.971.424
|
4.127.147
|
4.312.886
|
15.925.384,18
|
16.394.405,15
|
05 Tapanuli
Utara
|
5.780.955
|
6.020.912
|
6.315.774
|
6.637.434
|
15.960.468,78
|
16.596.778,49
|
06 Toba
Samosir
|
10.176.988
|
10.601.507
|
11.110.985
|
11.596.094
|
24.390.834,08
|
25.327.821,78
|
07 Labuhanbatu
|
7.857.113
|
8 .082.300
|
8.399.543
|
8.722.119
|
40.043.871,74
|
41.283.786,88
|
08 A s a h a
n
|
8.065.320
|
8.374.590
|
8.746.168
|
9.159.762
|
28.587.261,40
|
29.898.814,35
|
09
Simalungun
|
6.812.974
|
7.133.594
|
7.511.758
|
7.791.888
|
25.110.727,97
|
26.258.511,15
|
10 D a
i r i
|
7.594.214
|
7.919.187
|
8.301.057
|
8.697.133
|
18.567.328,70
|
19.397.859,67
|
11 K a
r o
|
9.594.214
|
9.959.126
|
10.374.784
|
10.646.492
|
29.570.664,27
|
30.495.898,68
|
12 Deli
Serdang
|
8.107.952
|
8.340.990
|
8.615.894
|
9.488.691
|
28.111.864,02
|
28.932.854,74
|
13 L a n g k
a t
|
7.452.508
|
7.786.401
|
8.154.981
|
8.552.669
|
23.019.805,06
|
24.000.361,65
|
14 Nias
Selatan
|
4.251.105
|
4.369.989
|
4.567.083
|
4.744.116
|
11.004.193,60
|
11.370.111,65
|
15 Humbang
Hasundutan
|
5.864.032
|
6.106.829
|
6.394.041
|
6.695.767
|
17.987.409,54
|
18.617.318,35
|
16 Pakpak
Bharat
|
4.070.571
|
4.179.669
|
4.341.417
|
4.499.022
|
14.361.865,18
|
14.883.401,86
|
17 Samosir
|
8.846.290
|
9.283.833
|
9.782.598
|
1.043.564
|
19.234.572,44
|
20.226.182,27
|
18 Serdang
Bedagai
|
7.656.139
|
8.056.858
|
8.503.335
|
8.970.803
|
24.870.056,03
|
26.026.252,61
|
19 Batu Bara
|
19 672 216
|
20 328 857
|
20 948 127
|
21.392.243
|
49.077.840,03
|
50.560.544,86
|
20 Padang
Lawas Utara
|
3.506.278
|
3.628.983
|
3.769.070
|
3.907.699
|
25.186.819,92
|
26.123.859,10
|
21 Padang
Lawas
|
3.330.791
|
3.421.832
|
3.540.694
|
3.665.529
|
23.805.761,17
|
24.579.285,28
|
22
Labuhanbatu Selatan
|
10.212.617
|
10.505.068
|
10.899.276
|
11.296.408
|
47.355.127,02
|
48.726.623,25
|
23
Labuhanbatu Utara
|
9.565.185
|
9.995.931
|
10.511.141
|
11.053.379
|
38.606.842,56
|
40.186.527,35
|
24 Nias
Utara
|
3.851.851
|
4.056.925
|
4.251.354
|
4.474.675
|
13.962.292,37
|
14.594.215,51
|
25 Nias
Barat
|
3.106.083
|
3.283.721
|
3.417.124
|
3.595.871
|
11.534.809,50
|
12.069.737,86
|
Kota
|
|
|
|
|
|
|
71 S i b o l g a
|
8.759.806
|
9.136.871
|
9.581.651
|
10.102.079
|
31.999.493,55
|
33.670.916,49
|
72 Tanjungbalai
|
9.045.092
|
9.286.912
|
9.609.574
|
9.892.215
|
26.674.265,64
|
27.765.752,64
|
73 Pematangsiantar
|
8.687.439
|
9.082.488
|
9.504.605
|
9.896.931
|
30.984.516,02
|
32.304.024,93
|
74 Tebing Tinggi
|
8.024.751
|
8.390.824
|
8.819.493
|
9.229.796
|
19.923.077,37
|
20.631.316,47
|
75 M e d a n
|
17.077.638
|
18.132.966
|
19.319.273
|
19.949.516
|
53.636.490,33
|
56.214.865,75
|
76 B i n j a i
|
8.209.884
|
8.560.429
|
8.973.884
|
9.402.747
|
23.841.402,91
|
24.826.319,54
|
77 Padangsidimpuan
|
4.887.204
|
5.054.245
|
5.275.126
|
5.503.751
|
15.919.856,32
|
16.464.768,41
|
78
Gunungsitoli
|
6.871.728
|
7.186.035
|
7.530.727
|
7.892.374
|
19.109.122,59
|
19.948.260,75
|
Sumatera Utara
|
9.144.742
|
9.574.785
|
10.028.302
|
10.488.190
|
30.477.071,97
|
31.637.413,89
|
DATA PENDUDUK SETIAP KABUPATEN DI
PROVINSI SUMATERA UTARA
JUMLAH
PENDUDUK MENURUT KABUPATEN/KOTA TAHUN 2010-2015
|
||||||
Kabupaten/Kota
|
2010
|
2011
|
2012
|
2013
|
2014
|
2015
|
Kabupaten
|
|
|
|
|
|
|
01. N i a s
|
131 377
|
132 605
|
132 860
|
133 388
|
133 388
|
136 115
|
02. Mandailing Natal
|
404 945
|
408 731
|
410 931
|
413 475
|
413 475
|
430 894
|
03. Tapanuli Selatan
|
263 815
|
266 282
|
268 095
|
268 824
|
268 824
|
275 098
|
04. Tapanuli Tengah
|
311 232
|
314 142
|
318 908
|
324 006
|
324 006
|
350 017
|
05. Tapanuli Utara
|
279 257
|
281 868
|
283 871
|
286 118
|
286 118
|
293 399
|
06. Toba Samosir
|
173 129
|
174 748
|
174 865
|
175 069
|
175 069
|
179 704
|
07. Labuhanbatu
|
415 110
|
418 992
|
424 644
|
430 718
|
430 718
|
462 191
|
08. A s a h a n
|
668 272
|
674 521
|
677 876
|
681 794
|
681 794
|
706 283
|
09. Simalungun
|
817 720
|
825 366
|
830 986
|
833 251
|
833 251
|
849 405
|
10. D a i r i
|
270 053
|
272 578
|
273 394
|
276 238
|
276 238
|
279 090
|
11. K a r o
|
350 960
|
354 242
|
358 323
|
363 755
|
363 755
|
389 591
|
12. Deli Serdang
|
1 790 431
|
1 807 173
|
1 845 615
|
1 886 388
|
1 886 388
|
2 029 308
|
13. L a n g k a t
|
967 535
|
976 582
|
976 885
|
978 734
|
978 734
|
1 013 385
|
14. Nias Selatan
|
289 708
|
292 417
|
294 069
|
295 968
|
295 968
|
308 281
|
15. Humbang Hasundutan
|
171 650
|
173 255
|
174 765
|
176 429
|
176 429
|
182 991
|
16. Pakpak Bharat
|
40 505
|
40 884
|
41 492
|
42 144
|
42 144
|
45 516
|
17. Samosir
|
119 653
|
120 772
|
121 594
|
121 924
|
121 924
|
123 789
|
18. Serdang Bedagai
|
594 383
|
599 941
|
604 026
|
605 583
|
605 583
|
608 691
|
19. Batu Bara
|
375 885
|
379 400
|
381 023
|
382 960
|
382 960
|
400 803
|
20. Padang Lawas Utara
|
223 531
|
225 621
|
229 064
|
232 746
|
232 746
|
252 589
|
21. Padang Lawas
|
225 259
|
227 365
|
232 166
|
237 259
|
237 259
|
258 003
|
22. Labuhanbatu Selatan
|
277 673
|
280 269
|
284 809
|
289 655
|
289 655
|
313 884
|
23. Labuhanbatu Utara
|
330 701
|
333 793
|
335 459
|
337 404
|
337 404
|
351 097
|
24. Nias Utara
|
127 244
|
128 434
|
128 533
|
129 053
|
129 053
|
133 897
|
25. Nias Barat
|
81 807
|
82 572
|
82 701
|
82 854
|
82 854
|
84 917
|
Kota
|
|
|
|
|
|
|
71. S i b o l g a
|
84 481
|
85 271
|
85 852
|
85 981
|
85 981
|
86 519
|
72. Tanjungbalai
|
154 445
|
155 889
|
157 175
|
158 599
|
158 599
|
167 012
|
73. Pematangsiantar
|
234 698
|
236 893
|
236 947
|
237 434
|
237 434
|
247 411
|
74. Tebing Tinggi
|
145 248
|
146 606
|
147 771
|
149 065
|
149 065
|
156 815
|
75. M e d a n
|
2 097 610
|
2 117 224
|
2 122 804
|
2 123 210
|
2 123 210
|
2 210 624
|
76. B i n j a i
|
246 154
|
248 456
|
250 252
|
252 263
|
252 263
|
264 687
|
77. Padangsidimpuan
|
191 531
|
193 322
|
198 809
|
204 615
|
204 615
|
209 796
|
78. Gunungsitoli
|
126 202
|
127 382
|
128 337
|
129 403
|
129 403
|
135 995
|
Sumatera Utara
|
12 982 204
|
13 103 596
|
13 215 401
|
13 326 307
|
13 326 307
|
13 937 797
|
2.2
Analisis
Ukuran ketimpangan pendapatan yang
lebih penting lagi untuk menganalisis seberapa besarnya kesenjangan
antarwilayah/daerah adalah dengan melalui perhitungan indeks Williamson. Dasar
perhitungannya adalah dengan menggunakan PDRB per kapita dalam kaitannya dengan
jumlah penduduk per daerah. Kesenjangan pendapatan antar kabupaten/kota di
Provinsi Sumatera Utara dilakukan dengan menggunakan Indeks Williamson. Rumus
dari Indeks Williamson adalah sebagai berikut:
Keterangan
CVw = Indeks Williamson
fi = Jumlah penduduk kabupaten/kota ke-i (jiwa)
n = Jumlah penduduk Jawa Barat (jiwa)
Yi = PDRB per kapita kabupaten/kota ke-i
(Rupiah)
͞y = PDRB per
kapita rata-rata Provinsi Jawa Barat (Rupiah)
Indeks ketimpangan Williamson yang
diperoleh terletak antara 0 (nol) sampai 1 (satu).
·
Jika
ketimpangan Williamson mendekati o maka ketimpangan distribusi pendapatan antar
kabupaten/kota di provinsi Jawa Barat adalah rendah atau pertumbuhan ekonomi
antara daerah merata.
·
Jika
ketimpangan Williamson mendekati 1 maka ketimpangan distribusi pendapatan antar
kabupaten/kota di provinsi Jawa Barat adalah tinggi atau pertumbuhan ekonomi
antara daerah tidak merata.
BAB
III
HASIL
ANALISIS DAN PEMBAHASAN
3.1
Hasil Analisis
KABUPATEN/KOTA
|
(Yi-Y)^2 X
Fi/N
|
|||||
2010
|
2011
|
2012
|
2013
|
2014
|
2015
|
|
01 N i a s
|
1,71123E+12
|
1,65295E+12
|
1,58519E+12
|
1,51537E+12
|
45347207752
|
2,68535E+17
|
02
Mandailing Natal
|
4,39778E+12
|
4,22542E+12
|
4,02042E+12
|
3,81255E+12
|
4783234427
|
8,65923E+16
|
03 Tapanuli
Selatan
|
2,08526E+12
|
2,31139E+12
|
1,82017E+12
|
1,6881E+12
|
2,32077E+12
|
3,87061E+19
|
04 Tapanuli
Tengah
|
4,07709E+12
|
4,03947E+12
|
3,93188E+12
|
3,84704E+12
|
22705291825
|
8,65777E+16
|
05 Tapanuli
Utara
|
2,6555E+12
|
2,54203E+12
|
2,4026E+12
|
2,25761E+12
|
18620777573
|
2,55283E+16
|
06 Toba
Samosir
|
6,01288E+11
|
5,27663E+11
|
4,42174E+11
|
3,68417E+11
|
7,38781E+11
|
1,2789E+19
|
07
Labuhanbatu
|
2,60997E+12
|
2,48149E+12
|
2,31732E+12
|
2,15719E+12
|
1,73247E+13
|
2,7499E+20
|
08 A s a h a
n
|
4,01028E+12
|
3,73418E+12
|
3,40341E+12
|
3,05862E+12
|
6,99813E+12
|
1,19492E+20
|
09
Simalungun
|
6,39841E+12
|
5,9978E+12
|
5,53246E+12
|
5,17769E+12
|
4,22378E+12
|
7,45236E+19
|
10 D a
i r i
|
1,79819E+12
|
1,67469E+12
|
1,52674E+12
|
1,39197E+12
|
58197301687
|
1,75285E+18
|
11 K a
r o
|
1,43967E+12
|
1,29929E+12
|
1,15156E+12
|
1,06463E+12
|
4,38797E+12
|
7,21027E+19
|
12 Deli
Serdang
|
1,06408E+13
|
1,00837E+13
|
9,56504E+12
|
7,75789E+12
|
1,78203E+13
|
2,94226E+20
|
13 L a n g k
a t
|
6,64037E+12
|
6,1789E+12
|
5,64241E+12
|
5,1073E+12
|
2,75804E+12
|
5,12087E+19
|
14 Nias
Selatan
|
3,56575E+12
|
3,49899E+12
|
3,38002E+12
|
3,27732E+12
|
7,69848E+11
|
9,39902E+18
|
15 Humbang
Hasundutan
|
1,60793E+12
|
1,5379E+12
|
1,45735E+12
|
1,37632E+12
|
15893178662
|
5,44871E+17
|
16 Pakpak
Bharat
|
5,12881E+11
|
5,04192E+11
|
4,94532E+11
|
4,85691E+11
|
20240801964
|
1,83587E+17
|
17 Samosir
|
5,96591E+11
|
5,33467E+11
|
4,65016E+11
|
2,29794E+12
|
50217817988
|
1,37634E+18
|
18 Serdang
Bedagai
|
3,90525E+12
|
3,57372E+12
|
3,21614E+12
|
2,85114E+12
|
2,89258E+12
|
5,07886E+19
|
19 Batu Bara
|
2,23842E+11
|
3,42052E+11
|
4,74403E+11
|
5,82054E+11
|
2,97701E+13
|
4,54345E+20
|
20 Padang
Lawas Utara
|
3,08501E+12
|
3,02871E+12
|
2,98484E+12
|
2,94437E+12
|
1,20175E+12
|
2,15286E+19
|
21 Padang
Lawas
|
3,19091E+12
|
3,14821E+12
|
3,13148E+12
|
3,11447E+12
|
8,51085E+11
|
1,52475E+19
|
22
Labuhanbatu Selatan
|
9,54169E+11
|
8,72439E+11
|
7,73902E+11
|
6,80494E+11
|
2,0171E+13
|
3,18109E+20
|
23
Labuhanbatu Utara
|
1,36738E+12
|
1,21132E+12
|
1,03344E+12
|
8,63026E+11
|
1,19389E+13
|
1,90522E+20
|
24 Nias
Utara
|
1,66662E+12
|
1,61462E+12
|
1,55402E+12
|
1,49313E+12
|
83106113531
|
7,06798E+17
|
25 Nias
Barat
|
1,19756E+12
|
1,1669E+12
|
1,13622E+12
|
1,0991E+12
|
1,78417E+11
|
1,97447E+18
|
Kota
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
71 S i b o l
g a
|
4,30328E+11
|
3,91346E+11
|
3,4715E+11
|
2,97434E+11
|
1,47262E+12
|
2,43586E+19
|
72 Tanjungbalai
|
7,32479E+11
|
6,88026E+11
|
6,30704E+11
|
5,83081E+11
|
1,13892E+12
|
1,97482E+19
|
73
Pematangsiantar
|
1,21687E+12
|
1,10251E+12
|
9,78417E+11
|
8,71738E+11
|
3,53855E+12
|
5,87696E+19
|
74 Tebing
Tinggi
|
8,79661E+11
|
8,08526E+11
|
7,28616E+11
|
6,56667E+11
|
1,02785E+11
|
2,19296E+18
|
75 M e d a n
|
5583097861
|
2,48926E+11
|
9,46577E+11
|
1,48967E+12
|
2,15116E+14
|
3,4183E+21
|
76 B i n j a
i
|
1,42917E+12
|
1,31609E+12
|
1,18717E+12
|
1,06168E+12
|
9,1426E+11
|
1,6664E+19
|
77
Padangsidimpuan
|
2,12609E+12
|
2,06734E+12
|
2,03009E+12
|
1,99124E+12
|
14503268727
|
3,82487E+16
|
78
Gunungsitoli
|
9,76012E+11
|
9,15741E+11
|
8,50978E+11
|
7,86429E+11
|
47743204253
|
1,2705E+18
|
Sumatera Utara
|
7,87359E+13
|
1,65295E+12
|
7,11424E+13
|
6,80074E+13
|
3,47011E+14
|
5,54633E+21
|
CVw Provinsi SUMUT pada tahun 2010=7,87359E+13/9144742)= 0,86
CVw Provinsi SUMUT pada tahun 2011=1,65295E+12/ 9574785)=1,7
CVw Provinsi SUMUT pada tahun2012=7,11424E+13/10028302)=0,7
CVw Provinsi SUMUT pada tahun2013=6,80074E+13/10488190)=0,64
CVw Provinsi SUMUT pada tahun2014=3,47011E+14/30477071,97)=1,1
CVw Provinsi SUMUT pada tahun2015=5,54633E+21/31637413,89)=1,2
3.2
Pembahasan
Provinsi Sumatera
Utara pada tahun 2010 memiliki ketimpangan williamson sebesar 0,86 ( mendekati 1), maka berdasarkan ketentuan ketimpangan williamson , pada
tahun 2010, 2012, 2013 dan 2014 di provinsi Sumatera Utara terjadi
ketimpangan distribusi yang tinggi yaitu terjadinya pertumbuhan ekonomi antara
daerah yang tidak merata.
Faktor-faktor penyebab ketimpangan :
1. migrasi
penduduk produktif yang memiliki skill/terdidik ke daerah-daerah yang telah
berkembang, karena disana mereka dapat memperoleh upah/gaji yang lebih besar
2. investasi
cenderung berlaku di daerah yg telah berkembang karena faktor market, dll,
dimana keuntungan relatif lebih besar demikian pula risiko kerugian relatif
lebih kecil pada umumnya
3. kebijakan
pemerintah cenderung mengakibatkan terkonsentrasinya social dan ekonomic
capital di daerah yang telah berkembang karena kebutuhan yg lebih besar.
Faktor-faktor
Penyebab Ketimpangan Pembangunan Anatar Daerah
A. Perbedaan
Kandungan Sumber Daya Alam
Penyebab utama yang mendorong
timbulnya ketimpangan pembangunan antar daerah adalah adanya perbedaan yang
sangat besar dalam kandungan sumberdaya alam pada masing-masing daerah.
Sebagiamana diketahui bahwa perbedaan kandungan sumberdaya alam ini di
Indonesia ternyata cukup besar. Ada daerah yang mempunyai minyak dan gas alam,
tetapi daerah lain tidak mempunyai. Ada daerah yang mempunyai deposit batubara
yang cukup besar, tapi daerah lain tidak ada. Demikian pula halnya dengan
tingkat kesuburan lahan yang juga sangat bervariasi sehingga mempengaruhi upaya
untuk mendorong pembangunan pertanian pada masing-masing daerah.
B. Perbedaan
Kondisi Demografis
Faktor utama lainnya yang juga dapat
mendorong terjadinya ketimpangan pembangunan antar wilayahadalah bilamana
terdapat perbedaan kondisi demografis yang cukup besar antar daerah. Kondisi
demografis yang dimaksudkan disini meliputi perbedaan tingkat pertumbuhan dan
struktur kependudukan, perbedaan tingkat pendidikan dan kesehatan, perbedaan
kondisi ketenagakerjaan dan perbedaan dalam tingkah laku dan kebiasaan serta
etos kerja yang dimliki masyarakat daerah bersangkutan.
C. Kurang
Lancarnya Mobilitas Barang dan Jasa
Kurang lancanya mobilits barang dan
jasa dapat pula mendorong terjadinya peningkatan ketimpangan pembangunan antar
wilayah. Mobilitas barang dan jasa ini meliputi kegiatan perdagangan antar
daerah dan migrasi baik yang disponsori pemerintah (transmigrasi) atau migrsi
spontan. Alasannya adalah karena bila mobillitas tersebut kurang lancar maka
kelebihan produksi atau daerah tidak dapat dijual kedaerah lainyang
membutuhkan. Demikian pula halnya dengan migrsi yang kurang lancar menyebabkan
kelebihan tenaga kerja suatu daerah tidak dapat dimanfaatkan oleh daerah lain
yang sangat membutuhkan. Akibatnya, ketimpangan pembangunan antar wilayah akan
cenderung tinggi karena kelibahan suatu daerah tidak dapat dimanfaatkan oleh
daerah lian yang membutuhkan, sehingga daerah terbelakang sulit mendorong
proses pembangunannya. Karena itu tidaklah mengherankan bilamana, ketimpangan
pembangunan antar wilayah akan cenderung tinggi pada negara sedang berkembang
dimana mobilitas barang dan jasa kurang lancar dan masih terdapatnya beberapa
daerah yang terisolir.
D. Konsentrasi
Kegiatan Ekonomi Daerah
Terjadinya konsentrasi kegiatan
ekonomi yag cukup tinggi pada wilayah tertentu jelas akan mempengaruhi
ketimpangan pembangunan antar wilayah. Pertumbuhan ekonomi daerah akan cenderung
lebih cepat pada daeerah dimana terdapat konsentrasi kegiatan ekonomi yang
cukup besar. Kondisi tersebut selanjutnya akan mendorong proses pembangunan
daerah melalui peningkatan penyediaan lapangan kerja dan tingkat pendapatan
masyarakat. Demikian pula sebaliknya bilamana, konsentrasi kegiatan ekonomi
pada suatu daerah relatif rendah yang selanjutnya juga mendorong terjadi
pengangguran dan rendahnya tingkat pendapatan masyarakat setempat.
E. Alokasi Dana
Pembangunan Antar Daerah
Tidak dapat disangka bahwa investasi
merupakan salah satu yang sangat menentukan pertumbuhan ekonomi suatu daerah.
Karena itu, daerah yang dapat alokasi investasi yang lebih besar dari
pemetintah, atau dapat menarik lebih banyak investasi swasta akan cenderung
mempunyai tingkat pertumbuhan ekonomi daerah yang lebih cepat. Kondisi ini
tentunya akan dapat pula mendorong proses pembangunan daerah melalui penyediaan
lapangan kerja yang lebih banyak dan tingkat pendapatan perkapita yang lebih
tinggi. Demikian pula sebaliknya terjadi bilamana investasi pemerintah dan
swasta yang masuk kesuatu daerah ternyarta lebih rendah.
Solusi mengatasi Ketimpangan Pembangunan antar Daerah
1. Penyebaran Pembangunan
Prasarana Perhubungan
Upaya utuk mendorong
kelancaran mobilitas barangdan faktor produksi antar daerah dapat dilakukan
melalui penyebaran pembangunan prasarana dan sarana perhubungan keseluruh
pelosok daerah. Prasarana perhubungan yang dimaksudkan disini adalah fasilitas
jalan, terminal dan pelabuhan laut guna mendorong proses perdagangan antar
daerah.
2. Mendorong Transmigrasi
dan Migrasi Spontan
Untuk mengurangi
kepentingan pembangun antar wilayah, kebijakan dan upaya lain yang dapat
dilakukan adalah mendorong pelaksanaan transmigrasi dan migrasi spontan.
Transmigrasi adalah pemindahan penduduk ke daerah kurang berkembang dengan
menggunakan fasilitas dan dukungan pemerintah. Sedangkan migrasi spontan adalah
perpindahan penduduk yang dilakukan secara sukarela menggunakan biaya sendiri.
Melalui proses transmigrasi dan migrasi spontan ini, kekurangan tenaga kerja
yang dialami oleh daerah terbelakang akan dapat pula diatasi sehingga prosees
pembangunan daerah bersangutan akan dapat pula digerakan.
3. Pengembangan Pusat Pertumbuhan
Kebijakan lain yang
dapat dilakukan untuk mengurangi ketimpangan pembangunan antar wilayah adalah
melalui pengembangan pusat pertumbuhan (Growth Poles) secara tersebar.
Kebijakan ini diperkirakan akan dapat mengurangi ketimpangan pembangunan antar
wilayah karena pusat pertumbuhan tersebut menganut konsep konsentrasi dan desentralisasi
secara sekaligus. Aspek konsentrasi diperluka agar penyebaran kegiatan
pembangunan tersebut dapat dilakukan dengan masih terus mempertahankan tingkat
efesiensi usaha yang sangat diperlukan untuk mengembangkan usaha tersebut.
Sedangkan aspek desentralisasi diperlukan agar penyebaran kegiatan pembangunan
antar daerah dapat dilakukan sehingga ketimpangan pembangunan antar wilayah
akan dapat dikurangi. Penerapan konsep pusat pertumbuhan ini untuk mendorong
proses pembangunan daerah dan sekaligus untuk dapat mengurangi ketimpangan
pembangunan antar wilayah dapat dilakukan melalui pembangunan pusat-pusat
pertumbuhan pada kota-kota skala kecil dan menengah.
4. Pelaksanaan Otonomi
Daerah
Pelaksanaan otonomi
daerah dan desentralisasi pembangunan juga dapat digunakan untuk mengurangi
tingkat ketimpangan pembangunan antar wilayah. Hal ini jelas, karena dengan
dilaksanakannya otonomi daerah dan desentralisasi pembangunan, maka aktifitas
pembangunan daerah, termasuk daerah terbelakang akan dapat lebih digerakan
karena ada wewenang yang berada pada pemerintah daerah dan masyarakat setempat.
Dengan adanya kewenangan tersebut, maka berbagai inisiatif dan aspirasi
masyarakat untuk menggali potensi daerah akan dapat lebih digerakan. Bila hal
ini dapat dilakukan, maka proses pembangunan daerah secara keseluruhan akan
dapat lebih ditingkatkan dan secara bersamaan ketimpangan pembangunan antar
daerah akan dapat pula dikurangi. Pemerintah indonsia telah melakukan otonomi
daerah dan desentralisasi pembangunan mulai tahun 2001 yang lalu. Melalui
kebijakan ini, pemerintah daerah diberikan kewenangan yang lebih besar dalam
mengelola kegiatan pembangunan didaerahnya masing-masing (desentralisasi
pembangunan).
BAB
IV
KESIMPULAN
DAN SARAN
4.1
Kesimpulan
Provinsi Sumatera
Utara pada tahun 2010 memiliki ketimpangan williamson sebesar 0,86 ( mendekati 1), maka berdasarkan ketentuan ketimpangan williamson , pada
tahun 2010, 2012, 2013 dan 2014 di provinsi Sumatera Utara terjadi
ketimpangan distribusi yang tinggi yaitu terjadinya pertumbuhan ekonomi antara
daerah yang tidak merata.
4.2
Saran
·
Dibutuhkan perananan
yang baik dari pemerintah untuk melakukan kebijakan dalam pemerataan distribusi
pendapatan pada setiap sektor per kabupaten di Provinsi Sumatera Utara.
·
Dibutuhkan saran-saran
yang membangun dari pihak pembaca untuk kesempurnaan penyusunan outline ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar