Kamis, 21 Maret 2019

BISNIS ONLINE PRODUK PERTANIAN DI INDONESIA



Sejarah Berdiri
Besarnya pasar pertanian di Indonesia membuat Edward S. Siagian dan Chintya Fransisca mendirikan SiKumis.com. Perusahaan rintisan ini awalnya melayani penjualan peralatan untuk industri pertanian, perikanan, dan sebagainya. Setelah melalui perjalanan panjang, mereka tersadarkan untuk turut membantu para petani menunjang proses produksi hingga pemasaran produknya. Kini SiKumis.com telah berkembang menjadi perusahaan sosial dengan ribuan pelanggan dan nilai transaksi mencapai miliaran rupiah sejak didirikan tiga tahun silam.
Sikumis.com adalah pelopor layanan B2B (Business to Business) dan B2C (Business to Customer) dengan produk alat, mesin, pupuk, pestisida, benih, bibit, obat & vitamin ternak , alat laboratorium hingga IOT di industri pertanian, peternakan, perikanan, usaha pangan minuman dan lingkungan hidup terbesar dan terlengkap di Indonesia bahkan dunia. Sikumis.com sebagai bagian jalur distribusi dari produsen/pabrikan kepada para petani, peternak, nelayan hingga pengusaha pangan minuman secara langsung tanpa melalui rantai pemasaran yang panjang, mudah dan efisien dengan layanan yang cepat, aman, transparan dengan HARGA PABRIK! Hadir dengan beragam produk sarana prasarana pertanian, peternakan, perikanan, usaha pangan minuman, lingkungan hidup dan IOT agri terlengkap akan memudahkan para petani, peternak, nelayan dan pelaku usaha pangan mendapatkan alat mesin dan bahan baku kerja dengan mudah dan cepat tanpa harus berbelanja di tempat yang jauh dijangkau, cukup klik produk yang dinginkan maka dalam berapa waktu produk sudah didepan pintu pelanggan termasuk layanan jika membutuhkan bantuan dan konsultasi tekhnis produk, team Sikumis akan mensupport dengan detail.
Sikumis.com akan melayani seberapa pun besarnya kebutuhan pelanggan. Dengan HARGA PABRIK yang ditawarkan maka semakin besar skala pembelian pelanggan, biaya yang dikeluarkanpun semakin hemat, selain itu Sikumis.com memastikan pelanggan hanya menerima produk yang 100% asli kualitas terjamin dan ketersedian dukungan service & part bagi produk yang dibeli,dengan jangkauan ke 33 propinsi di seluruh wilayah Indonesia, Sikumis.com melayani penjadwalan pengiriman ke lokasi yang pelanggan inginkan dengan mitra logistik terbaik. Didukung dengan puluhan ribu produk & ribuan mitra produsen, Sikumis.com membantu petani, peternak, nelayan dan perusahaan pangan kecil, menengah dan besar di Indonesia untuk mempercepat penyediaan produk sarana prasarana agri yang dibutuhkan dengan HARGA PABRIK, sistem dan fitur-fitur khusus yang mudah dan dapat digunakan untuk mengatur kebutuhan dengan lebih terinci dan terarah bahkan tersedia beragam cara sistem pembayaran termasuk kredit tanpa kartu kredit yang mudah, ringan, aman yang menjadikan Sikumis.com sebagai e-commerce terpercaya dan terkemuka andalan petani, peternak, nelayan dan pengusaha pangan Indonesia, selain itu bagi para pelanggan terutama perusahaan yang membutuhkan DUKUNGAN TENDER team Sikumis.com beserta mitra merek akan mendukung tender pelanggan secara tuntas dan lengkap.
Tentang Sikumis
E-commerce dengan misi menyederhanakan rantai distribusi pangan (pasar lelang), penyediaan dan pembiayaan P2P sarana produksi pertanian dari hulu hingga hilir agar tercipta harga dan kedaulatan pangan yang sustainable melalui teknologi digital pertanian. Sikumis.com merupakan sebuah web & apps platform penyediaan pembiayaan non bank (P2P) untuk BUMdes (Fintech) dan sarana prasarana murah serta memangkas jalur distribusi dengan mempertemukan petani,nelayan, peternak Ke pedagang besar,eksportir,pabrikan, horeka,hingga pemerintah (B2B/pasar lelang online) dengan sistem resi gudang.
Sesuai visi Sikumis.com mengintegrasikan ekosistem dari hulu hingga hilir pertanian, peternakan, perikanan dan usaha pangan demi tercipta harga pangan yang stabil dan wajar maka Sikumis.com akan menghadirkan kanal atau channel berikutnya yang mendukung visi ini yaitu selain menyediakan kebutuhan produk sarana prasarana agri yang MURAH dan ASLI di hulu, juga akan tersedia kanal pembiayaan (P2P Landing) kelompok petani, peternak, nelayan dan pengusaha pangan yang tergabung dalam ekosistem yang mempunyai dasar hukum jelas dan akan dibiayai oleh para investor untuk pembelian produk sarana prasarana agri.Kemudian dari hasil panen akan di tampung oleh Sikumis.com dengan menyediakan kanal pasar lelang komoditi online (B2B) yang berbasis SRG (Sistem Resi Gudang) akan lebih memudahkan petani, peternak dan nelayan menjual produknya dengan PASTI dan HARGA WAJAR yang kemudian akan dinikmati pula oleh para pembeli dengan pembelian hasil komoditi yang kuantiti, kualitas dan harga terukur. Jadi tunggu apalagi?! Ayoo berbelanja dan bergabung di Sikumis.com dengan demikian kita bersama membantu mewujudkan kesejahteraan petani, peternak dan nelayan Indonesia dengan menciptakan pasar ekosistem bermartabat yang akhirnya terwujud kedaulatan pangan rakyat Indonesia.   
Perkembangan Sikumis.com
SiKumis memiliki tiga platform. Pertama, marketplace. Kedua, mobile commerce yang menggunakan telepon atau SMS demi mengakomodasi tingkat teknologi penggunanya. Ketiga, financial technology (fintech). “Ketika masuk ke dunia pertanian, kami belajar bahwa petani atau nelayan ini tidak seperti UKM atau merchant yang ada pada Bukalapak atau Tokopedia. Ternyata, mereka harus banyak pendampingan dari hulunya sehingga kami masuk dari hulu. Kami menyebut diri kami sebagai social entrepreneur karena ada sisi sosial di dalamnya,” kata Edward yang menangani operasional dan hubungan eksternal, sementara Chintya menangani keuangan dan administrasi.
Awalnya, pembeli SiKumis kebanyakan pengusaha atau perusahaan yang memasok mesin dan alat berat untuk petani. Belakangan, para petani juga tertarik membeli dari SiKumis. Namun, ternyata mereka memerlukan kredit pertanian, sehingga SiKumis pun kemudian mengajak berbagai perusahaan pembiayaan untuk memberi kredit. “Karena ini menyangkut masalah pangan, kami tidak melakukan sendiri tetapi bekerja sama dengan banyak pihak: pemerintah, BUMD, perusahaan swasta, dll.,” ujar Edward.
Salah satu perusahaan yang bekerjasama untuk urusan pembiayaan adalah Grup FIF, anak usaha Astra. Dalam kerja sama tersebut, FIF menyiapkan dana Rp 720 miliar untuk menyalurkan kredit kepada petani, nelayan, peternak, dan UKM pangan melalui SiKumis.
Berbagai fitur dibenamkan ke dalam SiKumis agar bisa mengakomodasi visinya. Antara lain, fitur Pasar Lelang Online dan Dibutuhkan. Fitur Pasar Lelang Online mempertemukan seorang petani yang telah diverifikasi yang hendak memanen dan menjual produknya dengan pembeli dari berbagai daerah. Sementara fitur Dibutuhkan diisi oleh perusahaan seperti restoran yang hendak mencari produk. “Jadi, kehadiran SiKumis adalah sebagai penghubung langsung antara mereka dan bisa melewati banyak rintangan tengkulak. Karena itu, sejak tiga tahun silam, SiKumis mulai memasuki penjualan komoditas pertanian,” urai Edward.
Kini, SiKumis mendampingi petani dari hulu sampai hilir, termasuk penyediaan sarana dan prasarana seperti pupuk, alat, dan mesin yang dibeli SiKumis langsung dari pabriknya di dalam dan luar negeri. Apabila petani kesulitan dalam pembayaran, SiKumis membantu melalui perusahaan pembiayaan seperti FIF atau peer to peer lending. SiKumis memperoleh keuntungan dari sejumlah jasa, antara lain diskon pembelian produk dari pabrik yang nilainya bervariasi, dari beberapa ratus rupiah saja hingga puluhan juta rupiah untuk satu unit traktor.
Di SiKumis kini tergabung ribuan “petani” dan “nelayan”. Sayangnya, 80-85%-nya adalah pedagang atau tengkulak. “Karena mereka ini yang mengerti teknologi saat ini. Ke depan, kami ingin agar lebih banyak petani yang menjadi penggunanya,” ungkap Edward blak-blakan.
Total kini terdapat tujuh komoditas yang terbagi ke dalam 17 kategori utama yang ditawarkan SiKumis, yakni pertanian, peternakan, perkebunan & kehutanan, perikanan & kelautan, lingkungan hidup & taman, buku, pelatihan & software, serta makanan & minuman olahan. Adapun jumlah stock keeping unit (SKU) yang dipasarkan mencapai sekitar 4.000 jenis.
Kontribusi terbesar SiKumis masih dari alat pertanian. “Nilai transaksi secara tahunan fluktuatif, tetapi kalau dilihat dari mulai berdiri pada 2014 hingga sekarang, nilainya di atas Rp 2 miliar,” ungkap Edward.
Saat ini, Edward dan Chintya memprioritaskan pencarian pendanaan untuk membesarkan bisnisnya. “Yang kami butuhkan saat ini yakni bersinergi dengan investor atau siapa pun yang merasa terbebani dengan kondisi yang kita alami sekarang. Ini bukan masalah kami saja, tetapi masalah bangsa kita bersama. Indonesia itu kaya sumber daya, tetapi bagaimana caranya agar potensi-potensi itu dimanfaatkan dengan baik,” Chintya mencurahkan harapannya.
Salah satu yang telah memetik manfaat dari kehadiran SiKumis adalah Nanang Kusmari, petani bawang merah di Brebes dengan luas lahan mencapai 1 hektare dengan rata-rata produksi dua bulanan. Dengan adanya SiKumis, Nanang mengaku terbantu dalam hal pembiayaan alat produksi yang bisa dibeli dengan mencicil. “Saat ini kami belum menjual langsung produk pertanian bawang merah melalui SiKumis karena masih terkendala soal teknis yang perlu penanganan khusus. Tetapi bagi kami, dari pengadaan alat pertanian, termasuk pembiayaan dan modal, sudah cukup membantu kami,” ungkapnya melalui sambungan telepon.
Ke depan, Edward dan Chintya berencana membangun kerja sama dengan pemerintah untuk membuat toko-toko pangan sehingga bisa memangkas mata rantai distribusi yang panjang. “Menurut penelitian kami, dari petani sampai ke konsumen akhir ada tujuh mata rantai yang dilalui sehingga harganya sangat tinggi. Dengan adanya platform tersebut, akan bisa langsung memangkas 80-90% karena menyisakan satu hub yang menampung untuk semua ritelnya,” kata Edward.(*)
Syarat & Kebijakan
Syarat & kebijakan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian jasa yang ditawarkan oleh Sikumis.com terkait penggunaan situs Sikumis.com. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna di bawah hukum.
Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs Sikumis.com, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyutujui semua isi dalam Syarat & kebijakan. Syarat & kebijakan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan Sikumis.com. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat & kebijakan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di Sikumis.com.
Menjadi Mitra Usaha





Menjadi Agen
Kegiatan Sosial
Sikumis.com diundang dalam rangka melakukan sinergi aksi yang dimulai dari daerah Brebes rencananya akan menjadi pilot project program pengentasan kemiskinan terpadu. Acara tersebut dihadiri oleh Bapak Presiden RI Joko widodo Senin, 11 April 2016 Sub terminal agropolitan Desa Larangan Kecamatan larangan Kab.Brebes, dan sejumlah pejabat tinggi negara lainnya seperti Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Bappenas Sofyan Djalil, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman.
Program sinergi aksi ini sebelumnya telah dipersiapkan oleh sejumlah kementerian yang dipimpin oleh Darmin Nasution. Dalam beberapa kali rapat koordinasi di kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, disepakati bahwa Brebes akan menjadi program percontohan pengentasan kemiskinan terpadu lintas kementerian. Sikumis.com adalah salah satu pelaku usaha jasa pelayanan online bagi para pelaku usaha dalam sektor pertanian, perikanan, perkebunan, perternakan, Dan lainnya. Siapa yang tak menyangka sikumis.com menjadi tamu undangan VIP  yang dihadiri oleh Bapak Edward S. S selaku pemilik (Founder) online terkenal sikumis.com dan Abdulloh Habibie selaku Chief Technology Officer (CTO  Sikumis.com
            Sikumis.com pun diberi kesempatan untuk mengenalkan website sikumis.com ke para petani yang ada didesa brebes khususnya. Suatu kebanggan yang luar biasa sikumis.com mampu berpartisipasi dalam rangka melakukan sinergi aksi di daerah brebes. Tak hanya itu, Pemerintah juga turut berpartisipasi untuk mengenalkan sistem online kepada para petani untuk mempermudah distribusi perdagangan. Sistem ini diharapkan dapat memangkas rantai makanan yang selama ini menjadi penyebab utama mahalnya harga pangan. Melalui program ini diharapkan petani bukan hanya mengenal teknology tetapi juga manfaat teknology itu sendiri bagi kelangsungan distribusi perdagangannya, Yang nantinya didapatkan oleh para petani khususnya dari segi pendapatan, Pencapaian target distribusi dsb. Pada aspek ini pengguna jasa online dipermudah dalam berbelanja sayur mayur, Alat-alat pertanian, dan kebutuhan pangan pokokpun dengan mudah dan murah. Kemudahan berbelanja akan didapatkan dan distribusi secara export dan import. Untuk diketahui, pemerintah Kabupaten Brebes telah melakukan peningkatan pengamanan untuk menyambut sejumlah pejabat tinggi negara. Daerah yang juga dikenal dengan telur asin itu pun telah menyiagakan sekira 2.300 pasukan gabungan TNI dan Polri untuk mengamankan kunjungan Presiden Joko Widodo. (red. Vina)
JAKARTA (IndoTelko) – Portal eCommerce besutan Sabas Network group, www.Sikumis.com membidik kaum petani, nelayan, serta Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk penjualan perkakas, alat dan mesin pertanian, peternakan, atau perikanan.
Dalam rilisnya dinyatakan,  portal Sikumis sudah dibangun sejak 1,5 tahun lalu  yang merupakan gabungan dari ratusan web katalog dengan jumlah produk lebih dari 15.000 produk dan di dukung oleh 300 brand besar.
Untuk metode pembayaran Sikumis menawarkan berbagai pilihan selain tunai, transfer bank, kartu kredit, epayment, maupun kredit tanpa kartu kredit kerjasama dengan salah satu leasing terbesar di Indonesia dengan cakupan hingga 210 kota.
Selain itu Sikumis juga menyediakan fasilitas dukungan tender untuk para supplier sebagai prasyarat mengikuti tender dengan harga penawaran terbaik, karena Sikumis ditunjuk dan bekerja sama langsung dengan pemilik merek, pabrikan, atau distributor resmi di Indonesia.
Target market Sikumis adalah Bussiness to Bussines dan Bussiness to Custumer dimana hingga saat ini konsumen Sikumis terdiri dari banyak perusahan Industri besar di Indonesia,PEMDA, BUMN, UKM hingga Petani,Nelayan dan Peternak termasuk ibu rumah tangga.  
Hadirnya ecommerce sikumis untuk menjawab persoalan yang dihadapi oleh sejumlah konsumen yang berdomisili dibeberapa daerah yang memiliki kesulitan dalam mencari produk yang dibutuhkan didaerahnya, sehingga tidak perlu jauh jauh datang ke suatu tempat untuk membeli produk tertentu.(wn)
Geliat belanja dengan memanfaatkan internet, kian menjamur. Semua produk yang anda butuhkan dan inginkan, bisa kamu temukan secara online. Kemudahan belanja secara online semakin membuat cara ini digemari oleh masyarakat.
Lewat belanja online, para pelanggan tidak perlu capek-capek lagi untuk keliling toko. Semua tinggal pilih dan klik. Lantas: Jreng! Semua sudah bisa dimiliki dan tinggal tunggu sang pengantar untuk menyampaikannya. Adapun proses transaksi pun terbilang cukup mudah.

Berikut di bawah ini 8 strategi yang dimiliki oleh Si Kumis. Adapun kategorinya memfokuskan perencanaan kepada nilai-nilai marketplace yang lebih memiliki jati diri untuk perkembangan terbaik dalam pengantisipasian kenaikan harga pada bidang pertanian, perikanan dan UKM agribisnis.

1. Petani memiliki lahan sawah atau tambak ikan minimal 1 hektar, atau peternak memiliki minimal 5 ekor ternak atau minimal 2000 ekor unggas atau nelayan memiliki1 perahu tangkap lengkap.
2. Mempunyai ilmu pengetahuan, mekanisme & alat mesin tekhnologi modern.
3. Melek IT & penguatan pemasaran produk berbasis digital.
4. Terciptanya pengusaha agribisnis 1.5% dari total penduduk Indonesia.
5. Gerakan sarjana pertanian, peternakan perikanan dan pemuda kembali ke desa.
6. Terciptanya pasar yang pasti untuk semua komoditas.
7. Terciptanya harga yang transparan dan stabil untuk semua komoditas.
8. Menjadikan Komoditas Indonesia sebagai andalan ekspor ke manca negara

Menurut hasil penelitian SiKumis.com tentang kondisi lapangan: Ketidak transparannya pada pendapatan produsen dan tidak stabilnya harga, hal tersebut mengakibatkan perbedaan pendapatan yang terlalu besar. Angka yang dikeluarkan memiliki margin (perbedaan) sebesar 12%. Jadi bukan tidak mungkin, harga setinggi langit akan terus menjadi keluh kesah para ibu rumah tangga. Terutama sektor perkotaan.
Jadi solusi lainnya? Permasalah kenaikan harga perlu diselesaikan satu per satu melalui transparansi pasar. Oleh karena masalah tersebut, Si Kumis menguraikan beberapa langkah yang kiranya sesuai dengan kapasitas yang mereka miliki.
1. Kios online bagi para petani, tempat atau toko untuk memajang komoditasnya.
2. Dibutuhkan !!/ruang pembeli jumlah besar (b2b)/: kebutuhan komoditas dalam jumlah besar dan continue (petani dapat menawarkan langsung kepada calon pembeli).
3. Lelang komoditas online – petani melelangkan komoditasnya.
4. Barometer Harga – akumulasi harga komoditas disetiap daerah.
5. Aplikasi Mobile – applikasi penghubung antara para penjual langsung baik petani, peternak, nelayan atau pedagang secara retail dengan konsumen dengan radius terdekat yang dapat konsumen hubungi melalui aplikasi ini.

Dalam kondisi yang masih terus berbenah, Si Kumis selalu yakin untuk terus mampu menjangkau berbagai target harga yang telah ditentukan oleh konsumen. “Akhir kata diharapkan dengan #gerakanpetanimodern salah satu tujuan kami tercapai dengan memutus mata rantai distribusi pangan ini secara nasional dan berdampak dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan Indonesia yang akhirnya berujung menarik generasi muda untuk mau terjun ke dunia pertanian, peternakan, perikanan bahkan pengusaha di dunia agri serta terwujudnya berswasembada di seluruh komoditas Indonesia sekaligus memenangkan persaingan di MEA,” ungkap salah satu pekerja dari Si Kumis, Ibu Tiya Zamil.
Sebagai bocoran, modal untuk membangun usaha sejenis Si Kumis kurang dari Rp. 1 Miliar. CEO, Chintya Fransisca tak berharap dana ini segera kembali. Walaupun, potential loss pesanan masih cukup besar. Ia pun menambahkan semangat kami untuk berkembang lebih pesat guna memenuhi harapan masyarakat akan konsumsi sehat, adil, dan lebih segar dengan mengandalkan produk lokal.

Contoh Produk

17 komentar:

  1. Halo, nama saya SALSABILLA ZULFKAR
    , memangsa hukuman di tangan kreditor palsu. Saya kehilangan sekitar Rp. 300.000.000 karena saya membutuhkan modal besar Rp. 300.000.000.000. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Perdagangan saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan anak dan ibu saya. Saya tidak tahan lagi dengan kejadian ini. Minggu lalu saya bertemu dengan seorang teman lama yang mengundang saya ke seorang ibu yang baik, Ms. KARINA ROLAND LOAN COMPANY, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman sebesar Rp500.000.000.000

    Ibu yang baik, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk menerima ucapan terima kasih saya, dan semoga Tuhan terus memberkati ibu yang baik KARINA ROLAND dan teman saya. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberikan saran kepada orang Indonesia lainnya, ada banyak penipu di sana, jadi jika Anda memerlukan pinjaman dan keamanan dan siapa pun yang membutuhkan pinjaman harus cepat, hubungi KARINA ROLAND melalui email karinarolandloancompany@gmail.com
    Anda masih dapat menghubungi nomor whatsApp ibu +13128721592
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: (salsabillazulfikar4@gmail.com). untuk informasi lebih lanjut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.
      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com
      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
    2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. Apakah Anda mencari pinjaman untuk memulai bisnis atau proyek yang sesuai keinginan Anda? Di KARINA ROLAND LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan untuk semua individu yang membutuhkan pinjaman seperti "pinjaman pribadi, pinjaman investasi, pinjaman rumah dan perusahaan pinjaman di seluruh dunia, tingkat bunga kami adalah 2% per tahun. Kami juga memberikan saran keuangan dan bantuan kepada klien dan pelamar kami. Jika Anda memiliki proyek yang baik atau ingin memulai bisnis dan memerlukan pinjaman untuk segera membiayainya, kami dapat membicarakannya, menandatangani kontrak, dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda bersama dengan Bank Dunia dan Bank Industri.

    Hubungi KARINA ROLAND LOAN COMPANY hari ini untuk mata uang yang Anda inginkan.

    Kategori Bisnis

    Bisnis Merchandising.
    Bisnis manufaktur
    Bisnis Hibrid.
    Kepemilikan tunggal
    Kemitraan.
    Perusahaan.
    Perseroan terbatas.
    pinjaman pribadi.
    pinjaman investasi.
    Pinjaman Hutang.
    Kredit Pemilikan Rumah.
    Pinjaman hipotek
    Laon otomatis.
    Pinjaman pelajar.
    Pinjaman bayaran.
    Pinjaman syariah.
    Pinjaman pertanian.
    Pinjaman gereja.
    PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND

    Kebutuhan keuangan Anda Hubungi kami melalui Email:
    Email: karinaloancompany@gmail.com atau WhatsApp saja +1 (585) 708-3478

    BalasHapus
  3. Nama saya SHARON LOGAN, saya dari Washington, DCUSA, saya ingin menggunakan media ini untuk menulis kepada orang-orang di internet yang membutuhkan pinjaman nyata, bahwa jika Anda memerlukan pinjaman tanpa ditipu, berlaku dari KARINA ROLAND LOAN COMPANY adalah perusahaan yang tepat untuk diterapkan dari saya seorang guru. Saya ditipu 2 kali oleh perusahaan palsu yang ingin menjadi pemberi pinjaman tetapi pada akhirnya scammed, tetapi sekarang saya tidak lagi khawatir karena KARINA ROLAND telah membantu saya jadi jika Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk melakukan proyek atau bisnis apa pun yang akan membuat perusahaan ini tersenyum di wajah Anda. Saya juga telah memperkenalkan sebagian besar teman saya ke perusahaan ini dan hanya 2 teman saya yang mengatakan kepada saya bahwa mereka telah menerima pinjaman di sana, salah seorang teman saya menerima pinjaman $ 39.000,00 dolar dan yang lain dari teman saya menerima jumlah $ 65.000,00 dolar sehingga siapa pun yang membutuhkan pinjaman online berlaku dari perusahaan ini dan Anda akan yakinlah, karena perusahaan ini sangat membantu dan Tuhan akan terus menggunakannya untuk membantu orang yang membutuhkan loa n. Jika Anda memerlukan pinjaman online berlaku dari perusahaan ini dan hubungi mereka melalui ini berarti alamat email karinarolandloancompany@gmail.com atau whatsapp hanya +1(585)708-3478 dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email sharonlogan023@gmail.com untuk informasi , Terima kasih semua.

    BalasHapus
  4. widya Tarmuji, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan baik Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan beberapa daSaya ri kata-kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi, Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman curang di internet, tetapi mereka sangat asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban 6 kreditor pemberi pinjaman, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya, kemudian memperkena
    Jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan baik Tuhan melalui TRACYMORGANLOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinyalkan saya ke sebuWah perusahaan pinjaman yang kredibel, TRACYMORGANLOANFIRM. Saya mendapat pinjaman Rp. 800.000.000 dari TRACYMORGANLOANFIRM dengan tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi MRS melalui email: (TRACYMORGANLOANFIRM@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: (widyatarmuji@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Tn. Tonimark, email: (Tonimark28@gmail.com). Apa yang saya lakukan adalah memastikan bahwa saya tidak pernah dipenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sebagaimana disepakati dengan perusahaan pinjaman

    BalasHapus
  5. Sulit dipercaya bagaimana saya mendapat pinjaman Rp150.000.000. Nama saya Ny. Mainunah Elsa saya adalah warga negara Indonesia. Saya senang saya mendapat pinjaman dari pemberi pinjaman yang membantu saya dengan pinjaman saya. Saya telah mencoba layanan yang berbeda tetapi saya tidak pernah bisa mendapatkan pinjaman dari layanan tersebut. beberapa dari mereka akan meminta saya untuk mengisi banyak dokumen dan pada akhirnya tidak akan berakhir dengan baik. tetapi saya senang setelah bertemu dengan MOTHER KARINA, saya bisa mendapatkan pinjaman Rp150.000.000 sekarang bisnis saya berjalan dengan baik dan saya ingin memberi tahu Anda semua hari ini karena mereka cepat dan 100% dapat diandalkan. sekarang saya membayar kembali pinjaman yang saya dapatkan dari Perusahaan (KARINA ROLAND LOAN COMPANY). hubungi mereka dan jangan buang waktu Anda dengan para peminjam pinjaman palsu: Email: (karinarolandloancompany @ gmail. com

    NAMA PERUSAHAAN = PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA
    EMAIL PERUSAHAAN = KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM
    EMAIL SAYA = MAIMUNAHELSAELSA@GNAIL.COM
    ACCOUNT NUMBER = 0826401612
    NAMA ACCOUNT = PINJAMAN YANG DISEDIAKAN MAINUNAH ELSAAP = RP150.000.000
    BANK KODE = 004
    BANK NEGARA INDONESIA

    BalasHapus
  6. KABAR BAIK!!!
    Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, jadi banyak pemberi pinjaman di sini semuanya penipu dan mereka ada di sini Untuk menipu Anda dari uang yang Anda hasilkan dengan susah payah, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp1.000.000.000,00 dari seorang wanita di Turki dan saya kehilangan sekitar 27 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 27 juta. Namun saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang macet karena hutang.
    Ketika pencarian saya untuk perusahaan pinjaman swasta yang dapat diandalkan berlanjut, saya melihat iklan lain secara online dan nama perusahaan tersebut adalah WORLD LOANS COMPANY dari Nigeria. Saya kehilangan 13 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya ajukan.
    God be the glory, seorang teman saya yang mengajukan pinjaman dan juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan yang dapat diandalkan di mana Ny. Ana Michael sang manajer cabang bekerja, dan saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp1.000.000.000,00, dan mereka meminta kredensial saya yang saya kirimkan dan setelah mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah lelucon dan mungkin itu adalah salah satu dari tindakan penipuan yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya kagum ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang bahwa ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat dari mendapatkan bisnis saya terputus-putus ke udara dan dilikuidasi dan hari ini bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakan dia tidak tahu tentang perusahaan fashion saya.
    Jadi saya menasehati semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk menyenangkan menghubungi Mars. Ana Michael melalui email: (anamichaelguarantytrustloans@gmail.com)
    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (dianpelangiindonesia@gmail.com)
    Sekali lagi terima kasih semua untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.

    BalasHapus
  7. Semua terima kasih kepada Ny. KARINA ROLAND untuk membantu saya dengan pinjaman saya setelah ditipu oleh orang-orang palsu yang telah menjadi peminjam pinjaman.
    Nama saya Annika amahle mokoena, saya dari Afrika Selatan dan saya tinggal di kota Johannesburg. Sebulan yang lalu saya sedang mencari pinjaman online dan saya melihat pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda di internet dan saya melamar dari mereka dan semua yang saya dapatkan adalah scammer. Saya melamar lebih dari 2 perusahaan dan saya ditipu sepanjang waktu. Jadi saya menyerah harapan sampai saya memutuskan untuk memeriksa lagi apakah saya akan menemukan bantuan ketika saya mencari dan saya memutuskan untuk mencari perusahaan pinjaman yang sah. Saya menemukan perusahaan ini bernama KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Saya melihat banyak kesaksian yang dikomentari orang tentang dia tetapi karena saya ditipu beberapa kali saya pikir itu scam tapi saya melakukan apa yang saya diminta untuk lakukan dan saya menunggu pinjaman saya dan Nyonya KARINA ROLAND mengatakan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam waktu Anda dengan pinjaman saya dengan aman saya tidak percaya Karena saya pikir itu juga scam sehingga hari itu malam hari di Afrika Selatan dan saya tidur di pagi hari berikutnya ketika saya bangun saya menerima peringatan dari rekening bank saya dan segera saya menelepon manajer bank saya untuk konfirmasi dan manajer bank mengatakan kepada saya untuk segera datang ke bank dan saya segera pergi begitu saya tiba di sana manajer bank memeriksa akun saya dan melihat sejumlah $ 127.000,00 USD yang merupakan Dolar Amerika Serikat dan saya menjelaskan kepada manajer saya bahwa saya mengajukan pinjaman online dan bank saya Manajer terkejut jika ada masih perusahaan pinjaman nyata dan sah secara online saya sangat senang semua berkat MRS KARINA ROLAND saya memutuskan untuk menulis di internet karena saya melihat orang lain melakukannya dan bersaksi tentang perusahaan ini itu sebabnya saya memposting pesan ini secara online kepada siapa pun yang membutuhkan pinjaman bahkan jika Anda telah ditipu sebelum mengajukan permohonan dari perusahaan ini dan yakinlah bahwa perusahaan ini tidak akan mengecewakan Anda. Salam kepada siapa pun yang membaca pesan saya dan Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui surat (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +1 (585) 708-3478, Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membaca kesaksian ini, Anda dapat menghubungi saya juga untuk informasi lebih lanjut ..... annikaamahlemokoena@gmail.com

    BalasHapus
  8. Sungguh menakjubkan ketika saya berpikir bahwa semuanya selesai dengan saya, nama saya Susan Garcia, dari Filipina, Mrs. Karina ROLAND datang untuk menyelamatkan saya hidup saya. Saya sangat berhutang budi kepada orang-orang yang saya pinjam dari geng melawan saya dan kemudian menangkap saya sebagai hasil dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan masa tenggang diberikan kepada saya ketika saya dipulangkan dan dilepaskan untuk pergi dan menghasilkan uang untuk melunasi semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada pemberi pinjaman yang sah secara online sehingga saya harus mencari melalui blog yang saya selingkuh sebelumnya tetapi ketika saya menemukan PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND, Tuhan mengarahkan saya ke iklannya di sebuah blog karena ketertarikan saya pada itu benar-benar sebuah mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak penderitaan sehingga ia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya melamar dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam 24 jam saya dikreditkan dengan jumlah persis yang saya maksudkan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Pinjaman Pribadi saat saya berbicara dengan Anda sekarang saya bisa bersihkan semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak perlu bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan, apa pun keputusan saya tidak ada urusan dengan Polisi, saya sekarang seorang wanita yang mandiri. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya, silakan hubungi Ibu melalui email perusahaan: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +15857083478 Anda tidak dapat memperdebatkan kenyataan bahwa di dunia yang sulit ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi perputaran keuangan di perusahaan Anda. Hidup dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Mrs.KARINA ROLAND di alamat di atas sehingga Anda dapat mengatasi krisis keuangan dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya melalui email berikut: (garciasusan113@gmail.com)) Selalu bersikap positif dengan Mrs. KARINA ROLAND dia akan melihat Anda melalui semua tantangan keuangan Anda dan kemudian memberi Anda tampilan keuangan baru dan kebebasan untuk mengatasi semua kekhawatiran Anda.

    BalasHapus
  9. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  10. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  11. Halo semuanya!!! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    BalasHapus
  12. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus
  13. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Data pribadi
    negara: Indonesia
    Nama: Queen Jamillah
    Alamat: Nusa Lembongan
    Telepon: +62 856-9328-4991
    WhatsApp:+62 856-9328-4991
    https://twitter.com/queen_jamillah
    e_mail: queenjamillah09@gmail.com

    ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
    e_mail: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    Sudah dua tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam 700 juta dari Perusahaan Pinjaman Iskandar Lestari dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipu online saya dapat membuktikan kepada Anda semua bahwa Bunda Iskandar bukan pemberi pinjaman yang curang. telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran bulanan pinjaman yang saya pinjam sebelum saya memohon kepada ibu bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis saya lebih lanjut sehingga saya menyerahkan 2,7 miliar setelah melalui proses hukum saya transaksi telah disetujui oleh otoritas dan dalam waktu tiga hari proses hukum untuk menyalurkan pinjaman saya ke rekening Bank Rakyat Indonesia saya dicapai dengan mudah. Saya tidak memiliki tantangan dengan Bank Indonesia karena Ms. Iskandar dan tim Manajemen dari ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali untuk bantuan keuangan, hubungi Pemberi Pinjaman ISKANDAR hari ini
    e_mail: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  15. Pendudukan: Harta Tanah / perhotelan
    kedudukan: Pengarah Urusan
    Nama: Najwa Mohammed
    Bandar: Miri
    Pinjaman saya mendapat: Rm 1.5 juta
    kadar faedah: 1%
    E-mel saya: najwamohammed369@gmail.com

    Halo, saya mengucapkan terima kasih kepada allah almight untuk kebaikan dan keberkasaan yang saya dapatkan dari AASIMAHA ADILA LOAN FIRM tahun ini 2020, saya ingin kita medium ini membiarkan muslim saya di malaysia, Tahun lepas saya telah memohon pinjaman banyak kali dan saya bodoh , Tahun ini ketika saya sedang menonton berita perniagaan saya di Aljazeera, saya melihat nama AASIMAHA ADILA AHMED LOAN FIRM pada wawancara menerangkan pakej mereka dan bagaimana mereka memberi pinjaman dan dana amal kepada mereka yang ingin memulakan perniagaan tahun ini. Oleh itu, saya mendengar dan menghubungi mereka dengan kenalan mereka di televisyen, saya memohon Rm 1.5 juta, pada kadar 1% dan pinjaman saya telah diluluskan dan saya mendapat pinjaman saya semudah mungkin. Saya mendapat pinjaman saya dan melabur lebih jauh ke hartanah suami saya. suami saya dari indonesia, banjir yang terjejas rumah keluarga kami di jakarta, sejak kami mendapat pinjaman, kami telah memperbaiki banyak hal dan membayar hutang bank juga.Jika anda ingin perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, anda bebas memohon sekarang dan dapatkan pinjaman anda .Mengingatkan diri anda untuk menjadi kuat dan tidak pernah berputus asa. Semakin banyak anda jatuh, semakin kuat anda menjadi bangun. Jangan pernah menyerah tidak kira apa. Buat janji kepada impian anda seolah-olah anda berjanji kepada anak anda. Saya berharap anda lebih besar tahun. Mungkin allah memberkati mereka allah

    MOHON SEKARANG
    E-mail****aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
    w/a**** +971569461974

    BalasHapus